Upgrading Knowledge 1: Bagaimana Membangun Relasi yang Sehat?

Menurutmu, relasi yang sehat itu seperti apa? Penting nggak, sih punya hubungan yang sehat?

Masalah hubungan interpersonal, khususnya hubungan romantis adalah hal yang umum dihadapi kalangan dewasa muda. Selain itu, membangun hubungan yang sehat ternyata sama pentingnya, lho, dengan kebutuhan fisik! Alasan ini juga lah yang mendasari diselenggarakannya Upgrading Knowledge 1 Tim Manajemen Harian Halo Jiwa dengan tema “How to Build a Healthy Relationship” pada Minggu, 14 Mei 2023. Diprakarsai oleh Tim Sense of Belonging, kegiatan ini membahas lengkap mengenai hubungan yang sehat bersama salah satu kandidat psikolog dari Universitas Surabaya sekaligus anggota Tim Manajemen Harian Halo Jiwa, Lucia Citra Pertiwi, S.Psi. (Kak Lucy), guna membekali tim Halo Jiwa Indonesia dengan kemampuan yang dapat meningkatkan kesejahteraan sosial dan psikologis.




Tidak seperti alur pembahasan dengan tema serupa pada umumnya, Kak Lucy justru memulai bahasannya dengan mengulik hubungan dengan diri sendiri. Sesi materi menjadi sangat menarik karena merubah pola pikir mayoritas orang. Bagi awam, hubungan interpersonal hanya berfokus diri kita dan orang lain, nyatanya lebih dari itu. Dari sudut pandang psikologi, kita perlu menyelesaikan permasalahan dengan masa lalu terlebih dulu untuk bisa mencintai orang lain. Hal ini dapat mencegah kita kehilangan diri sendiri dan mampu mengenali hubungan yang tidak sehat.

Setelah sesi materi, diskusi semakin seru dengan tanya jawab dan berbagi pengalaman bersama para peserta. Dibuka dengan rangkaian games dari Nurul Syaharani (Kak Rani) sebagai MC dan sambutan oleh Andi Naifah Nailah (Kak Naifah) sebagai perwakilan Manajer Tim, kegiatan daring yang mulai dilaksanakan pukul 10.30 WIB/11.30 WITA hingga 12.00 WIB/13.00 WITA tersebut berjalan dengan lancar hingga selesai.

Seru banget, kan? Harapannya, dengan upgrading ini para anggota Tim Halo Jiwa Indonesia bisa mendapat pemahaman serta mempraktikan ilmu yang didapat dalam mengembangkan kepekaan sosial dan membangun hubungan yang sehat, baik untuk diri sendiri maupun lingkungan sekitar.

Sampai jumpa di kegiatan selanjutnya, Sobat Jiwa!


Penulis: Sesty Arum P.

Editor: Naurah Assyifa R.

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.