Menghadapi Tantangan, Temukan Kunci Menuju Tujuan Bermakna!

                                                                                                                   Sumber: Goal dari pexel.com

Apa tujuan utama dalam hidup yang ingin kamu capai?

Setiap orang memiliki tujuan yang dicita-citakannya. Namun, tidak semua orang dapat mencapainya bahkan, tidak sedikit yang menyerah di tengah jalan. Pun jika tercapai, sebagian lainnya merasakan tidak adanya kebermaknaan atas pencapaian itu. Dia merasa tak ada sensasi yang membuatnya bisa merasakan kepuasan hidup.

Ada berbagai faktor pribadi yang dapat mempengaruhi pencapaian tujuan yang bermakna. Salah satunya yang cukup banyak ditelaah beberapa tahun terakhir adalah Grit. Studi terbaru menunjukkan bahwa Grit lebih relevan dibandingkan kecerdasan dalam menentukan prestasi besar seseorang. Grit dianggap sangat penting untuk menyelesaikan tugas yang sangat kompleks ketika hadir godaan kuat untuk menyerah.

Grit diartikan sebagai usaha dan minat yang berkelanjutan dari waktu ke waktu meskipun kegagalan, kesulitan dan hambatan-hambatan ditemui dalam proses mencapai tujuan (Duckworth dkk., 2007). Seseorang yang memiliki Grit yang besar akan dapat mencapai kesuksesan dalam domain yang dipilih melalui daya tahan, ketekunan, ketangguhan, semangat, kerja keras dan latihan. Grit tidak sekedar mempertahankan usaha untuk mencapai tujuan, tetapi juga melibatkan passion atau sesuatu yang membuat bergairah. Dengan demikian, kita akan merasa senang dalam memperjuangkan tujuan itu sebesar apapun rintangan yang dihadapi. Kita mungkin akan mendapati kebermaknaan ketika tujuan yang disukai atau diminati dapat tercapai setelah melalui berbagai tantangan.


Grit dipahami sebagai trait atau sifat yang melekat pada individu. Meskipun demikian, trait dapat dikembangkan melalui stimulus lingkungan. Beberapa ahli juga mempercayai bahwa karena kualitas yang terkait seperti disiplin diri dan motivasi dapat dipupuk atau dikembangkan, begitu juga dengan Grit. Selain itu, seseorang tidak menunjukkan Grit yang tinggi sepanjang waktu. Seseorang mungkin memilih domain tertentu saja seperti olahraga ataupun akademik, yang mana mereka menunjukkan tingkat passion dan ketekunan yang sangat tinggi, sehingga tingkat Grit dapat bergantung pada cara individu mendekati bidang-bidang kehidupannya. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan praktik terbaik untuk mengembangkan Grit pada waktu-waktu yang tepat. 


Geledah diri! Temukan tujuan yang kita senangi dan lalui berbagai tantangan untuk meraih kemenangan versi diri sendiri.


Jika kamu bingung apa sih sebenarnya tujuan hidupmu sebenarnya, Ruang Refleksi Pro bersama Psikolog Halo Jiwa Indonesia dengan senang hati akan membantumu menemukannya. Klik di sini atau cek media sosial Halo Jiwa Indonesia untuk info selengkapnya. 


Penulis: Syurawasti Muhiddin

Editor: Naurah Assyifa Rilfi


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.