Rilis Kegiatan: Memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia Bersama Sahabat Pulih dan Keluarga Besar RSKD Dadi Makassar

Halo Jiwa Indonesia berkolaborasi dengan RSKD Dadi Makassar, memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia Tahun 2023 pada Jumat 13 Oktober 2023. Halo Jiwa Indonesia bekerjasama secara khusus dengan Bidang Rehabilitasi Psikososial dalam proses penyelenggaraan kegiatan tersebut.

WhatsApp Image 2023-10-20 at 13.42.16 (1)

Kegiatan ini dilaksanakan dalam beberapa rangkaian acara di antaranya pembukaan, senam, jalan santai, sambutan dari beberapa kepala bagian RSKD Dadi Makassar, hingga penutup dari penyelenggara kegiatan. Tidak hanya itu, Halo Jiwa Indonesia berkesempatan untuk memperkenalkan latar belakang organisasi dan mengisi kegiatan pendampingan Sahabat Pulih. Acara juga dimeriahkan dengan penampilan dari pasien RSKD Dadi Makassar dan pengenalan booth-booth dari pengisi acara.

WhatsApp Image 2023-10-20 at 13.41.43

Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan dari Master of Ceremony pihak RSKD Dadi Makassar. Setelah acara dibuka, seluruh peserta melakukan senam bersama yang diikuti, baik dari pegawai RSKD Dadi Makassar, pengisi acara, maupun tamu undangan dari beberapa perguruan tinggi di Makassar. Kegiatan dilanjutkan dengan jalan santai dari rute RSKD Dadi Makassar. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan pembukaan dan sambutan dari ketua panitia pelaksana kegiatan RSKD Dadi Makassar dan beberapa kepala bagian. Sambutan yang diberikan berkaitan dengan laporan kegiatan, respon, dan harapan dalam pelaksanaan kegiatan.

Setelah pembukaan dan sambutan dari pihak RSKD Dadi Makassar, Halo Jiwa Indonesia yang diwakili oleh Syurawasti Muhiddin selaku co-founder dan advisor Halo Jiwa Indonesia berkesempatan memberikan pengenalan organisasi. Syura membagikan sekelumit cerita terkait tujuan organisasi dan kerja-kerja yang sudah dan sedang dilakukan Halo Jiwa Indonesia kepada khalayak umum. Tim Halo Jiwa Indonesia juga membagikan flyer kepada masing-masing peserta.

WhatsApp Image 2023-10-20 at 13.42.17 (6)

Kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan booth bersama pihak lain yang terlibat dalam acara dan juga penampilan dari beberapa kelompok pasien yang dengan penuh semangat menampilkan persembahannya. Penyelenggara juga menyediakan kanvas untuk membubuhkan tanda tangan bagi seluruh pihak yang terlibat, seperti para kepala bagian, tamu undangan, perwakilan booth, termasuk Halo Jiwa Indonesia yang diwakili oleh Syurawasti Muhiddin. Penandatangan ini merepresentasikan komitmen pihak terkait untuk ikut serta dalam meningkatkan kesehatan jiwa masyarakat Sulawesi Selatan. 

Selanjutnya, rangkaian kegiatan yang menjadi highlight utama dalam memperingati hari Kesehatan Mental Sedunia adalah pendampingan Sahabat Pulih oleh Halo Jiwa Indonesia. Sahabat Pulih adalah klien rawat inap dan rawat jalan bagian rehabilitasi psikososial. Kegiatan  didampingi oleh Kak Syarifah Nadrah Mustamin, S.Psi., M.Psi., Psikolog dan beberapa tim Halo Jiwa Indonesia lainya. Pada prosesnya, Sahabat Pulih membagikan pengalaman perjuangannya untuk pulih, tantangan yang dihadapi, pelajaran yang diperoleh, serta cara untuk mencapai kesehatan mental dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan sharing session dihadiri oleh 15 orang peserta klien, serta tim dari Halo Jiwa Indonesia sebanyak 12 orang. Kegiatan diakhiri dengan makan bersama antara klien dan tim Halo Jiwa Indonesia. 

WhatsApp Image 2023-10-20 at 13.42.17 (3)

Penulis: Tim Social Project 2023

Editor: Sesty Arum P.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.