What's Your Character Strengths? Kenali Diri Melalui Kekuatan Karakter

Berteman selalu dimulai dengan perkenalan. Begitu juga dengan diri sendiri. Hal inilah yang coba dicapai oleh tim Manajemen Harian Halo Jiwa Indonesia 2023 melalui kegiatan pemetaan karakter yang diinisiasi tim Sense of Belonging (SoB). Puncaknya diadakan pada 27 Agustus 2023 lalu dengan pemaparan dan diskusi internal bertajuk What's Your Character Strengths?: Know the strength of your character, as a form of effort to increase self-awareness.


  Program ini bertujuan untuk memfasilitasi SDM Tim Manajemen Harian Halo Jiwa Indonesia 2023 dalam meningkatkan well-being dan self-awareness dengan lebih mampu mengenali diri, mengetahui kekuatan karakter yang dimiliki, belajar lebih terbuka kepada orang lain, serta mengenal satu sama lain antar sesama anggota tim. Terdiri dari 3 tahap, pemetaan diawali dengan penulisan essay berisi pertanyaan-pertanyaan yang telah disusun oleh tim SoB. Tahapan kedua yakni pelaksanaan asesmen tes yang dapat diakses secara online melalui website Via Character.



Sementara tahapan ketiga telah berlangsung pada 27 Agustus 2023 pukul 19.30 WITA melalui Zoom Meeting dengan dimoderatori oleh salah satu anggota tim Sense of Belonging, Nia Agustina, dan dihadiri 13 peserta . Bersama Kak Syura (Syurawasti Muhiddin, S.Psi., M.A.) sebagai pemateri dari Advisor Halo Jiwa Indonesia, tim Manajemen Harian Halo Jiwa Indonesia mendapat pemaparan inspiratif mengenai kekuatan karakter secara umum, hasil survei kekuatan karakter para anggota tim, hingga bagaimana memanfaatkannya untuk mengembangkan diri secara individu dan secara kolektif di Halo Jiwa Indonesia.


Kegiatan tahap ketiga diakhiri dengan sharing session di breakout room untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari tim SoB yang dirangkaikan dengan berbagi hasil analisis kekuatan karakter SDM Tim Manajemen Harian Halo Jiwa Indonesia 2023. Pelaksanaan program kerja ini juga bekerja sama dengan tim Arsip dalam pengarsipan hasil tes.

Ternyata, mengenali character strength atau serangkaian sifat positif yang diekspresikan melalui pikiran, perasaan, dan perilaku seseorang dapat kita manfaatkan untuk memfokuskan diri memperkuat dan mengembangkan hal-hal positif dalam diri. Di samping itu, kita tetap bisa belajar dalam mengelola diri dari karakter-karakter yang masih kurang positif. Dengan berani mengenali diri dan terbuka, kita bisa mendapat banyak manfaat dalam berbagai aspek kehidupan dan tentunya meningkatkan kesehatan mental.


Sampai jumpa di kegiatan selanjutnya, Sobat Jiwa!


Penulis: Sesty Arum P.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.